BIMPRES FLS2N

Bimpres FLS2N sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik karena akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. Bimpres FLS2N menggali potensi peserta didik di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Selain itu, diharapkan agar peserta didik dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh peserta didik sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

SMA Negeri 1 Lasem memiliki 14 Bimpres FLS2N :

  1. Baca Puisi

    Seni Baca Puisi adalah seni membaca (melisankan, mengomunikasikan, dan mengekspresikan) puisi di panggung. Tujuan Bimpres Baca Puisi adalah untuk mengekspresikan talenta peserta didik secara optimal melalui seni baca puisi sebagai manifestasi dari kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap puisi karya penyair Indonesia dan memberikan wadah bagi peserta didik untuk mengasah kemampuan dalam bidang baca puisi. Banyak sekali penghargaan dari perlombaan di berbagai tingkat yang telah ditorehkan oleh Tim Baca Puisi,  bahkan beberapa kali menjadi Juara di tingkat Kabupaten maupun luar Kabupaten.
  2. Gitar Solo

    Gitar solo adalah penyajian sebuah karya musik secara solo/tunggal dengan menggunakan alat musik gitar akustik nilon (klasik) atau akustik steel (folk). Musik yang dihasilkan hanya bersumber dari gitar, baik dari senar ataupun bagian-bagian lain gitar, namun mampu menghasilkan pertunjukan musik yang utuh melalui harmonisasi keterampilan teknis, pengetahuan aransemen musik, serta cara penyajiannya. Tujuan Bimpres Gitar Solo :
    Memberi kesempatan siswa menjadi kreatif dalam seni penciptaan dan pertunjukan musik; Memasyarakatkan lagu-lagu daerah Indonesia kepada siswa melalui permainan gitar solo; Menumbuhkan rasa cinta dan bangga pada kekayaan budaya bangsa, khususnya pada lagu-lagu rakyat; Mengembangkan potensi talenta seni bermain gitar solo agar mampu menjadi gitaris profesional di tingkat nasional dan dunia.
  3. Monolog
    Monolog adalah seni pertunjukan teater yang hanya dimainkan oleh satu orang pemain, dengan menekankan pada keterampilan seni peran (keaktoran/akting). Seluruh unsur cerita ditampilkan berdasarkan keterampilan pemain dalam memerankan tokoh yang diceritakannya, baik dalam bentuk komedi maupun tragedi atau bentuk-bentuk teater lainnya. Tujuan Melalui kemampuan olah seni monolog para siswa diharapkan mendapatkan hal-hal berikut: Memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap persoalan di sekitarnya, termasuk persoalan kebangsaan; Diharapkan membantu siswa atau peserta didik dalam memperoleh metode pembelajaran yang lebih operasional, terutama pada saat-saat harus menghafal; Para siswa juga diarahkan untuk selalu berdisiplin serta memiliki tanggung jawab dalam melakukan seluruh aktivitas sehari-hari, baik belajar di sekolah maupun dalam kehidupan nyata.
  4. Tari Kreasi
    Tari merupakan ekspresi manusia yang diungkapkan melalui tubuh, dan menghasilkan gerak, gaya, makna, dan pesan. Fungsi tar tidak lepas dari sistem kebudayaan masyarakatnya (alam, adat istiadat, serta nilai-nilai yang terkandung dalam masyarakat tersebut). Tujuan Bimpres Tari Kreasi : Memberikan wadah bagi peserta didik untuk mengenal dan mengembangkan kreativitas seni dalam bidang seni tari; Mengembangkan imajinasi, kepercayaan diri, dan kepribadian peserta didik secara optimal melalui seni tari; Meningkatkan apresiasi dan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai budaya bangsa melalui seni tari; Menumbuhkan kepedulian dan kepekaan peserta didik terhadap lingkungan alam, sosial dan tradisi keseharian di sekitar mereka; Membina rasa tanggung jawab dan kerja sama antara peserta didik dan guru/pelatih; Membina kedisiplinan peserta didik sejak proses berlangsung, hingga mempertunjukkannya di panggung, dan diterapkan dalam melakukan seluruh aktivitas sehari-hari, baik belajar di sekolah maupun dalam kehidupan nyata.
  5. Menyanyi Solo
    Menyanyi Solo adalah bernyanyi seorang diri dengan teknik vokal yang baik mengedepankan ekspresi, improvisasi, dan interpretasi sesuai karakteristik lagu. Banyak sekali penghargaan dari perlombaan di berbagai tingkat yang telah ditorehkan oleh Tim Menyanyi Solo, bahkan beberapa kali menjadi Juara di tingkat Kabupaten maupun luar Kabupaten.
  6. Desain Poster
    Poster adalah adalah media untuk menyampaikan pesan sosial, kultural, dan edukasi secara persuasif untuk khalayak sasaran agar bersikap dan bertindak sesuai dengan isi pesan yang disampaikan dalam desain poster tersebut. Isi pesan poster diolah secara kreatif melalui bahasa visual dan/atau verbal yang ditata dalam kaidah desain yang tepat, sehingga relevan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Penekanan rancangan poster ada pada konsep desain dan fokus pada media tunggal (public service advertisment). Banyak sekali penghargaan dari perlombaan di berbagai tingkat yang telah ditorehkan oleh Tim Desain Poster, bahkan beberapa kali menjadi Juara di tingkat Kabupaten maupun luar Kabupaten.
  7. Film Pendek
    Film pendek adalah film naratif yang berdurasi pendek dan bercerita secara lugas/singkat. Film ini menampilkan satu situasi yang terjadi dalam kehidupan tokoh atau subjek tertentu yang mencerminkan tema. Micro movie adalah perkembangan seni film dari tumbuhnya koneksi internet yang dapat diakses secara global pada media sosial, dengan durasi lebih singkat. Banyak sekali penghargaan dari perlombaan di berbagai tingkat yang telah ditorehkan oleh Tim Film Pendek,  bahkan beberapa kali menjadi Juara di tingkat Kabupaten maupun luar Kabupaten.
  8. Kriya
    Kriya merupakan seni buatan tangan (handmade) yang memiliki karakter, nilai, craftsmanship, estetika, gagasan (konsep), fungsi, bentuk, dan gaya yang dibuat dalam jumlah terbatas. Proses pembuatan karya kriya menekankan pada nilai edukasi, bagaimana peserta melakukan observasi terhadap karya yang akan dikerjakan, keterampilan, dan pemanfaatan nilai tradisi kedaerahan sebagai kekayaan budaya Indonesia sehingga dapat menghasilkan karya yang unik. Tujuan Bimpres Kriya : Memantapkan potensi bakat siswa untuk membuat karya kriya yang siap bersaing di tingkat nasional dan internasional; Memantapkan kesadaran akan pentingnya keragaman kriya berbasis kearifan lokal sebagai modal dasar kebanggaan bangsa Indonesia menuju tingkat dunia; Memantapkan kepercayaan diri peserta dalam berekpresi.
  9. Komik Digital
    Komik merupakan media bercerita yang memanfaatkan narasi visual dan/atau narasi tekstual secara berurutan. Oleh sebab itu, komik dapat dimasukkan ke dalam rumpun sequential art (seni berurutan). Komik dapat memunculkan gambar-gambar yang terjukstaposisi (berurutan tetapi tidak linier), sehingga membentuk satu narasi melalui susunan dari rangkaian panel. Cerita komik memiliki bermacam jenis genre yang bersumber dari imajinasi, fantasi, pengalaman hidup, biografi, catatan perjalanan, IPTEKS, dan lain-lain. Selain bercerita, komik juga berkisah melalui eksplorasi sekuens visual yang dibangun atas elemen karakter, setting (latar tempat, waktu, dan peristiwa), serta efek visual lainnya seperti balon kata dan efek suara. Komik Digital adalah transformasi dari komik konvensional (on surface media) menjadi komik digital (on screen media) dengan adanya perubahan pada tata bahasa rupa (visual grammar, visual vocabulary, dan metode produksi). Tujuan Bimpres Komik Digital : Melalui komik digital, siswa diharapkan mampu memantapkan talenta diri untuk menyampaikan berbagai macam pesan melalui media komik digital dan mencapai prestasi, menginspirasi dan berkontribusi bagi kemajuan kebudayaan nasional dan berpotensi memperoleh rekognisi global.
  10. Cipta Lagu
    Cipta lagu adalah seni menuangkan gagasan dalam bentuk komposisi lagu yang mencakup elemen-elemen musik antara lain lirik, melodi, ritme, dan harmoni. Tujuan Bimpres Cipta Lagu : Memberikan siswa ruang kreatif dan ekspresi dengan menciptakan karya lagu. Menjadi sarana pengenalan karakter dan identitas diri, serta membangun empati. Mengembangkan potensi siswa untuk menjadi penulis lagu yang karyanya bisa diapresiasi dalam skala nasional dan internasional.
  11. Cipta Puisi
    Seni cipta puisi adalah seni mengungkapkan perasaan dan gagasan dalam bentuk puisi berbahasa Indonesia. Banyak sekali penghargaan dari perlombaan di berbagai tingkat yang telah ditorehkan oleh Cipta Puisi, bahkan beberapa kali menjadi Juara di tingkat Kabupaten maupun luar Kabupaten. Tujuan Bimpres Cipta Puisi : Mengoptimalkan kepekaan bahasa dan merangsang imajinasi peserta didik melalui penulisan puisi.
  12. Jurnalistik
    Jurnalistik merupakan kegiatan berkaitan dengan pengumpulan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian informasi atau berita mengenai suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan menyampaikan informasi akurat dan objektif kepada masyarakat atau pembaca agar pembaca mendapatkan pemahaman lebih baik tentang suatu masalah atau kejadian tertentu. Tulisan Feature (baca: ficer) adalah salah satu jenis tulisan jurnalistik berisi perpaduan berita dan opini, dengan gaya bercerita (story telling) mengandung unsur menyentuh (human interest) dan bahasa yang indah (sastrawi). Tulisan feature yang paling populer adalah kisah nyata, kisah perjalanan, dan (auto) biografi. Gaya tulisan feature itu bertutur atau bercerita (story telling) dengan detail dan menarik. Tujuan Bimpres Jurnalistik : Peserta mampu memainkan peran penting sebagai agen perubahan di tengah masyarakat dalam memilih dan memberikan informasi yang akurat dan objektif, serta membantu menginspirasi dan meningkatkan kesadaran dan partisipasi publik dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.
  13. Fotografi
    Fotografi adalah seni, terapan, dan praktek pembuatan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya, baik secara kimia menggunakan bahan peka cahaya seperti film foto, atau secara elektronik menggunakan sensor digital. Dalam prosesnya, fotografi memanfaatkan teknologi kamera. Pada dasarnya kerja fotografi adalah merekam peristiwa dan peristiwa dalam fotografi terekam dalam satu gambar yang bersifat abadi. Dalam perkembangannya, fotografi menjadi salah satu media komunikasi visual. Fotografi sangat kuat dalam memberi fakta tetapi dalam mengkomunikasikan pesannya, fotografi perlu dibantu oleh teks tertulis (judul, caption, ataupun paragraf). Banyak sekali penghargaan dari perlombaan di berbagai tingkat yang telah ditorehkan oleh Tim Fotografi,  bahkan beberapa kali menjadi Juara di tingkat Kabupaten maupun luar Kabupaten.
  14. Menulis cerpen
    Cerpen merupakan bentuk karya sastra yang berwujud sebuah cerita atau kisah pendek, jelas, dan ringkas. Selain itu cerpen juga disebut sebagai sebuah prosa fiksi yang hanya terfokus pada satu konflik atau permasalahan. Tujuan Bimpres Menulis Cerpen : Menumbuhkembangkan minat dan bakat menulis cerpen.Memfasilitasi dan mengapresiasi bakat menulis cerpen; Meningkatkan apresiasi sastra; Mengasah daya kritis; Mendorong daya kreativitas.Menguatkan daya literasi; Mengukuhkan sikap mandiri dalam melejitkan prestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *